Libur lebaran dengan sepeda

Libur lebaran dengan sepeda
August 16 06:52 2015 Print This Article

Lebaran tahun ini jauh berbeda dengan lebaran tahun-tahun sebelumnya. Dulu sebelum jatuh cinta dengan sepeda tiap libur lebaran bareng saudara-saudara yang lagi mudik selalu ikut berjam-jam antri di jalanan di atas roda empat, hanya dengan sebuah tujuan obyek wisata di jogjakarta.

Libur lebaran tahun ini saya cukup menikmati alam yang dekat rumah saja dengan mengayuh sepeda bersama sahabat-sahabat hebat saya, dari panic club dan komonita jogja gowes; teteh arry mas febri bang tito mas pri.

Keliatannya tema gowes di harinlibur lebaran ini adalah gowes membidik jembatan di kulon progo.

Jembatan kereta api mbeling yang berlokasi di dusun tapen argorejo sedayu bantul menjadi tujuan melihat dunia secara perlahan dengan sepeda istilah andalan saya hihihi..Sejujurnya lokasi ini tidak jauh dari rumah, tapi alangkah sempitnya jangkauan mata saya, karena baru tahu setelah bapak komandan jogja gowes mas Yuda mengunggah gambar jembatan ini.

Alhasil kami duluan mengayuh ke lokasi bertiga saya teh arry dan mas febri, maaf ya bapak komandan hehehe..

Tikum awal sih di indomaret ringroud selatan sekitaran umy, tapi karena makin siang ya sambil jalan jemput teh arry saya dan mas.febri menyusuri ringroud dulu dan ketemu di sekitaran 403, kemudian kita sepakat ke arah barat. Tujuannya monument soeharto – jembatan kereta api – sisi timur kulon progo.

Menyusuri jalan godean,  ke kiri polsek godean menuju monumen soeharto.
Monumen soeharto ada di kemusuk argomulyo sedayu bantul.

Sampai di monument kita biasa narsis eksis dulu secukupnya kemudian kita lanjutkan ke arah barat menuju lokasi jembatan kereta api, via sisi selatan daerah sleman tepatnya daerah moyudan untuk menambah vitamin mata kita dengan suguhan hamparan sawah disepanjang jalan. Sampai ujung barat mentok ketemu jalan raya moyudan kita belok kiri terus jalan ini twmbusnya k jalan wates. Kisaran 300 m sebelum k jl.wates ada jalan diantara hamparan sawah barat jalan, inilah jalan menuju jembatan kereta api.

Sisi selatan moyudan sleman

Jalan menuju lokasi jembatan kereta api mbeling.

Kisaran 15 menit perjalanan kita nyampai ke lokasi ke dua ini setelah dari.monument soeharto.

Dan ini lah jembatan itu…

Sepeda menghadang kereta lewat..

Mas febri dengan gaya alif..

Teh arry yang g mau pulang.. 😃

IMG-20150721-WA0073

Untuk menuju ke sisi timur kulon progo kita bisa melewati jalan di sisi selatan jembatan kereta ini dengan lebar 1m, di jalan inilah kita gowesnya bener-bemer kekinian menantang karena lawannya kereta api lewat hihihi..

Jalan setapak berhimpitan dengan jalan kereta menuju wilayah kulon progo.

Setelah puas berpose dengan jembatan kembar kita lanjutkan menyusuri sisi timur daerah kulon progo.
Dengan memgambil.jalan perkampungan dan persawahan kita mulai menyapa pagi kulon progo.
Jalan tembus menuju jalan raya nanggulan kita bisa susuri ke arah barat setelah jembatan kereta.

Narsis dengan bule tamu mas towil di ujung jalan menuju jalan raya ngeplang
sentolo kp.

Jalan ke sisi wilayah timur KP di mulai dr jalan raya nanggulan, karena waktu kita hanya jalan-jalan keliling di kisaran wilayah timur mentok di pangkal jalan tanjakan bibis nanggulan yang sering di sebut lokasi patung sapi.

Panas terik terobati dengan perjalanan hari ini, pada hal awalnya teh arry minta awal jam 10.00 nyampe rumah alhasil lepas jam 13.00 baru nyampe rumah.

Edisi membidik jembatan yang ke dua.

Perjalanan di hari minggu saat memburu jembatan kembar yang menyengat itu ternyata malah memacu keinginan teh arry gowes ke arah barat lagi. Tujuannya sama jembatan di kulon progo., tapi kali ini jembatannya dari bambu atau dikenal dengan jbatan sesek. Berlokasi di daerah selatan wilayah kulonnprogo kisaran ngentakrejo – mangir lendah  dan sebagai sarana penyebrangan ke wilayah barat kabupaten bantul yaitu daerah pajangan.

Perjalanan kali ini makin seru karena saya tidak bertiga lagi, ada mas pri, mas tito dan temennya, ada mb dufan nama akun fb nya, mas gono, de jati dari panic club.

Tikum pertama d depan rumahku jl wates km 9,5 lagi2 telat star gara paketan habis hihihi..
Perjalanan menuju lokasi kita ambil route ke barat lurus nyampai lampu merah ngelo sentolo kulon progo, ambil ke kiri. Susuri jalan itu sampai di desa ngentakrejo ada plakat penyebrangan jembatan sesek kita lewati jalan setapak nuju.lokasi jembatam sesek yang pertama.

Jembatam sesek yang ini tidak begitu seram karena samping kiri kanannya ada pagarnya.

FB_IMG_1437480648888    FB_IMG_1437487488623

Setelah puas menikmati musik ngekngek jembatan pertaman kita lanjutkan perjalanan ke jembatan kedua melalui jalan raya pajangan ke arah selatan.

Kurang lebih 2 km dari lokasi awal ada kantor bank BRI kanan jalan,  nah sebelah utara kantor itu ada jalan masuk ke perkampungan, melalui jalan inilah jembatam ke dua kita temui.

#pict lokasi jembatan 2#

FB_IMG_1437494592281

FB_IMG_1437467402206

Puas dengan pendlosoran (gaya maut bidikan beliau) kita akhiri perburuan jembatan, pulang lewat jalan arah slarong menuju ke jalan bantul-kota.

Dipertigaan slarong kita bertiga saya mas gono dan d jati memisahkan diri ambil jalan yg lurus tembus ke sedayu jalan wates. Teh arry dkk ke kanan tembus jalan bantul-kota.

Lagi2 telat pulang dari agenda awal.
Ah ternyata bersepeda itu bisa bener-bener menguras waktu libur lebaran yah..
Alhamdulillah, semoga sehat dan bahagia dengan menikmati indahnya alam ciptaanNya.

20150721_093829
Rangkaian kata ini semrawut pan bukan ahli nulis, ahli obyek poto sih ya teh arry..😂, tulisan bentuk hukuman komandan jogwes krn kita ninggalin memburu para jembatan idola beliau hihihi

Sampai jumpa di cerita sepeda berikutnya..

Ditulis oleh : Mbak Nurhastuti

  Article "tagged" as:
  Categories:
view more articles

About Article Author

yuda putra
yuda putra

Bike Lover. Aktivits Social Media. Founder : Kotajogja.com dan EnsiklopediaIndonesia.com

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.