Gowes Plunyon Kalikuning

Gowes Plunyon Kalikuning
May 22 16:01 2015 Print This Article

Hari Minggu tanggal 9 Mei 2015 saya bersama dengan Pak Joko Sumiyanto nggowes ke Plunyon Kalikuning. Saat itu bertepatan dengan Audax Randonneur Jogja 2015. Saya tidak ikut audax karena masih cedera setelah kecelakaan bersepeda disrempet motor.

Saya start dari rumah jam 05.30 lewat Jalan Kaliurang dan tidak sempat mampir Warung Ijo langsung ke utara. Kemudian ada pertigaan dengan tanda Merapi Golf ke arah timur. Kemudian menuju Pertigaan Cangkringan. Saya berhenti sebentar di warung gorengan sambil menunggu Pak Joko datang. Setelah menikmati gorengan dan teh, pak Joko pun muncul. Kami sempatkan untuk ngobrol dan minum sebentar.

Setelah itu kami lanjutkan Gowes dari tempat tersebut, mungkin sekitar 2 km kami menemui Pos Retribusi Masuk Kawasan wisata Kaliadem. Masih ke utara lagi ada Masjid. Nah, beberapa ratus meter setelah masjid ada pertigaan ke kiri. Disitu kita tinggal mengikuti satu-satu nya jalan ke Plunyon.

Ada jalan sekitar 100m jalan tanah sebelum masuk ke Plunyon. Bagi MTB tidak ada masalah, namun bagi RB sedikit berhati-hati. Dari awal kita akan disambut pemandangan yang sangat indah. Dam air yang bertingkat-tingkat, dikelilingi pohon-pohon hijau dan latar belakang Merapi. Sungguh pemandangan indah. Masih ditambah dengan sejuknya udara pagi.

Di situ tidak lupa kami menyempatkan untuk berfoto-foto. Banyak lokasi menarik untuk berfoto antara lain background dam yang berlevel, jembatan dan juga sungai kecil dengan bebatuan. Di balik bukit sebelah barat sebenarnya ada jalan menuju ke Kaliurang. Namun jika kesana kita harus ngotong-ngotong sepeda naik bukit.

Setelah menikmati pemandangan dan berfoto, kami melanjutkan perjalanan turun untuk pulang ke rumah masing-masing. Sebelum jam 10 kami sudah sampai di rumah.

Salam Gowes!

  Categories:
view more articles

About Article Author

yuda putra
yuda putra

Bike Lover. Aktivits Social Media. Founder : Kotajogja.com dan EnsiklopediaIndonesia.com

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.