Delapan Keuntungan Bersepeda secara Rutin

Delapan Keuntungan Bersepeda secara Rutin
November 21 08:04 2016 Print This Article

Bagi sebagian masyarakat, bersepeda adalah bagian dari hobi. Tidak sedikit dari mereka tiap akhir pekan menyempatkan waktu untuk bersepeda. Sehingga banyak dari mereka yang mengatakan jika hobi bersepeda itu menyenangkan dan pastinya menyehatkan. Jika diperhatikan lebih detail, ada banyak keuntungan saat bersepeda, manfaat ini tidak hanya bagi pesepeda itu sendiri, namun secara tidak langsung bermanfaat untuk lainnya.

Manfaat bersepeda secara rutin

Manfaat bersepeda secara rutin (sumber: bombbike/instagram)

Bersepeda itu menyenangkan

Kenyataannya aktifitas bersepeda itu memang menyenangkan. Banyak mereka yang menyempatkan bersepeda di akhir pekan dengan menjelajah lokasi-lokasi yang jauh, dengan rute yang beragam. Namun semua yang dilakukan itu justru membuat kita merasa gembira. Rasa capek selama perjalanan menjadi bumbu tersendiri.

Membakar kalori

Selain berlari (jogging), bersepeda menjadi salah satu cara ampuh untuk membakar kalori. Sebagian besar anggota badan bergerak saat kita mengayuh pedal sepeda. Sehingga banyak kalori yang terbakar. Karena itulah bersepeda semakin banyak diminati masyarakat sebagai alternatif dalam berolahraga.

Menghemat BBM

Bagi para pesepeda, khususnya bike to work, bersepeda secara tidak langsung ikut mengurangi penggunaan minyak (BBM). Jika semakin banyak orang yang menggunakan alat transportasi seperti sepeda, semakin menghemat juga penggunaan minyak di Negara kita.

Mengurangi polusi udara

Semakin banyak kendaran bermesin berjalan, tentunya udara bersih di tempat tersebut menjadi sedikit. Tidak sedikit kota-kota besar yang lahan hijaunya hilang menjadi tempat pencemaran polusi udara. Bersepeda menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengurangi tingkat polusi udara.

Mengurangi pemanasan global

Pada dasarnya poin ini hampir sama dengan dua poin sebelumnya. Perubahan iklim di dunia sangat dipengaruhi dengan pola hidup manusia. Ketika kita bersepeda, maka secara tidak langsung kita juga sudah ikut mengurangi pemanasan global. Sebenarnya ada banyak cara yang berperan serta dalam mengurangi pemanasan global, salah satunya dengan bersepeda.

Menciptakan ide baru

Bersepeda tidak hanya mengenai hobi yang membuat kita senang ataupun berolahraga. Dengan bersepeda, kita bisa mendapatkan ide-ide yang menarik. Bagi mereka yang berkecimpung di dunia jurnalistik, bersepeda menjadi salah satu cara agar mendapatkan ide. Biasanya ide-ide yang menarik muncul pada saat kita bersepeda, karena sat itu kita sedang menikmati aktifitas tersebut.

Mempunyai banyak kenalan baru

Kopdar sepeda menjadi ajang mendapatkan banyak teman sesama pesepada. Jika biasanya kita hanya bersapa/berkomunikasi melalui sosmed, dengan ikut acara-acara tertentu, kita bisa bertatap muka dan saling berkenalan. Jangan kaget jika selepas acara kopdar nantinya banyak permintaan pertemanan di sosmed atau permintaan “tag foto”.

Meningkatkan kinerja seksual

Bagi pria yang sudah beristiri, bersepeda bisa meningkatkan kinerja seksual. Ada banyak penelitian yang menuliskan jika melakukan aktifitas bersepeda dengan rutin mempunyai manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh dan juga berpengaruh pada tingkat seksual pria tersebut.

  Categories:
view more articles

About Article Author

Nasirullah Sitam
Nasirullah Sitam

Silakan buka di blog personal: nasirullahsitam.com

View More Articles
write a comment

0 Comments

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.