back to homepage

Tentang Jogja Gowes

Tentang Jogja Gowes

logo-jogja-gowes-2016Jogja Gowes adalah sebuah komunitas para penyuka sepeda yang berdirinya berawal dari sebuah komunitas di dunia maya melalui Facebook Group pada akhir tahun 2014. Di dalam facebook group anggota nya bermacam-macam latar belakang. Baik dari anak muda, hingga mereka yang berumur lebih dair 60 tahun, dari mahasiswa, karyawan, PNS, penguasa, dosen dan berbagai macam profesi. Member di FB Jogja Gowes pun beragam dari penyuka gowes (penghoby), pemula, bahkan atlit sepeda profesional. Ini lah yang mewarnai komunitas Jogja Gowes. Mayoritas member dari Jogja.

Jogja Gowes merupakan komunitas lintas sepeda, baik dari sepeda MTB, Road Bike, Downhill,  Fixie, Federal, Onthel dan macam-macam. Sehingga Jogja Gowes menjadi wadah berbagai komunitas untuk saling sharing tentang dunia gowes di masing-masing komunitas. Mereka saling sharing mengenai foto-foto gowes, rute jalur sepeda, tips sepada dan service.

Kami memiliki harapan atau sebuah visi menjadikan Jogja Kota Sepeda, sebuah kota hijau yang nyaman bagi goweser, baik goweser untuk fun, olahraga, wisata, kesehatan, kerja/bike to work. Jogja sudah ada semangat Sego Segawe (Sepeda Kanggo Sekolah & Nyambut Gawe), kami ingin ini semakin membudaya di Yogyakarta. Gowes membuat kita sehat, kita juga merasa bahagia dan kota kita semakin bersih dari polusi. Sadar atau tidak sadar saat ini kita sudah merasakan kemacetan di Jogja. Jogja juga lebih panas, apalagi saat ini penghijauan dan lahan hijau semakin berkurang karena banyak bangunan beton yang makin tumbuh di Jogja. Oleh karena itu mari kita jadikan Jogja Lebih Hijau dan Jogja yang Lebih Sehat melalui bersepeda.

Kami berharap dengan mengakampanyekan bersepeda di Jogja dengan tempat-tempat yang menarik, seru dan menantang maka akan menjadi potensi tersendiri bagi Jogja. Kami ingin mengangkat Jogja sebagai Kota Wisata Sepeda (CYCLING TOURISM).

Tujuan Jogja Gowes

1. Jogja Gowes ingin menjadi wahana saling berbagi informasi sesama Goweser.

2. Jogja Gowes ingin menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi, menambah kenalan sesama goweser Jogja

3. Melalui Jogja Gowes ini diharapkan Pemerintah Daerah DIY peduli untuk menjadikan Sepeda sebagai sarana transportasi yang mendapatkan prioritas, bukan alat transportasi yang terpinggirkan

KOPDAR JOGJA GOWES

Di luar dunia maya, Jogja Gowes mempererat silaturahmi dengan mengadakan Kopdar (Kopi Darat) para goweser. Kopdar Jogja Gowes biasanya mencari rute yang dapat mewadahi semua sepeda supaya tercipta semangat kebersamaan. Biasanya rute yang dipilih mengangkat potensi wisata Yogyakarta di tempat-tempat yang kekinian, atau destinasi wisata baru/alternatif. Dengan kemudian kami sebarkan di dunia maya maka akan mengangkat wisata itu. Dan terbukti banyak wisata-wisata alternatif baru di Jogja diangkat oleh para goweser di Jogja Gowes seperti : Spot Riyadi, Tebing Breksi, Kebun Buah Mangunan, Klangon, Kali Kuning Plunyon, Hutan Pinus dan banyak tempat-tempat yang ngehit di Jogja. Kopdar biasanya dilakukan sebulan sekali dengan berkumpul di tempat yang ditentukan melihat destinasi yang akan dituju. Sehingga lokasi start berpindah-pindah. Jogja Gowes tidak memiliki basecamp khusus, karena meeting point sesuai janjian dengan sesama goweser.

Kopdar biasanya diikuti banyak peserta hingga seratus orang lebih. Demi menjaga kenyamanan pengguna jalan biasanya kopdar tidak melibatkan ribuan pesepeda sehingga membuat macet jalan. Rute dibuat tidak pendek tetapi tidak terlalu jauh, rata-rata  50 km. Dengan demikian untuk mensortir yang ikut memang benar-benar suka sepeda. Mereka pun lebih aware terhadap keselamatan misal menggunakan helm sebagai keamanan. Jogja Gowes selalu menghimbau kepada sesama member untuk peduli dengan keselamatan.

Selain kopdar biasanya member Jogja Gowes membuat gowes bareng dalam sekala kecil yang biasanya memiliki kemampuan sama atau jenis sepeda sama. Misal kumpulan mereka yang suka menanjak (uphill), atau yang suka bermain speed, blusukan, downhill dan berbagai macam. Biasanya mereka terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Tidak hanya hobi senang-senang, Jogja Gowes juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Salah satu kegiatan sosial yang diadakan Jogja Gowes antara lain Gerakan Penghijauan di Breksi, Bagi-bagi sahur, Gowes sedekah. Dana yang diperoleh untuk mendukung kegiatan ini berasal dari sumbangan para goweser Jogja. Bahkan yang dari luar Jogja juga.

Bagi yang ingin menambah wawasan tentang sepeda, menambah pertemenaan dengan sesama pesepeda silahkan bergabung di JogjaGowes melalui join Facebook Group : JOGJA GOWES atau url berikut : https://www.facebook.com/groups/jogjagowes/. Oya untuk mudah di approval gunakan profil picture kamu yang sedang bersepeda. Ini lah yang membedakan Jogja Gowes dibanding FB Group lain yaitu membernya selektif tidak ada join di approval. Hal ini guna menghindari spam dan postingan sampah. Kami sangat menjaga FB group sebagai wahana sharing tentang dunia gowes.

Bagi goweser yang ingin jadi kontributor di website Jogja Gowes sangat dipersilahkan untuk meramaikan website ini. Silahkan kontak admin. Nuwun

Salam Gowes

Admin

write a comment

2 Comments

  1. wily haryo
    June 15, 14:10 #1 wily haryo

    Terimakasih admin club gowes “CLiK bikecommunity”kita sudah diposting di web paling bergengsi jogjagowes.com
    Salam gowes

    Reply to this comment
  2. Agung
    September 27, 23:41 #2 Agung

    Terima kasih banyak Mas Yudha atas informasinya, saya bisa punya teman GOWES di Gunung Kidul, melalui Mas Yudha, salaam, agung indra Radio Dalam Jakarta Selatan

    Reply to this comment

Add a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.
All fields are required.